Waspada, Kertas Pembungkus Makanan Cepat Saji Picu Kanker

Makanan cepat saji seperti burger, atau kentang sampai piza sering di sajikan dengan pembungkus dari kertas yang anti minyak yang mana mempunyai kandungan zat-zat fluorine. Paparan dari zat kimia ini disinyalir bisa berujung kepada masalah perkembangan anak, penurunan terhadap kesuburan dan juga peningkatan resiko kanker.

Menurut penelitian ilmiah, di ketahui pembungkus makanan anti berminyak ini mempunyai kandungan lebih dari 2 lusin racun yang tinggi dengan zat-zat kimia fluorine. Salah 1 zat diantaranya yaitu PFAS yang juga di kenal menjadi PFC (Perfluorinated Chemicals). Zat kimia ini pada dasarnya berasal dari material lama yang telah didaur ulang ataupun dari sumber-sumber material lain yang tak di ketahui.

Kepala peneliti sekaligus pakar kimia kawasan dari Silent Spring Institute, Laurel Schaider, berkata zat-zat kimia ini telah lama di ketahui berkaitan pada masalah kesehatan. Zat-zat kimia ini, kkata Schaider, membuat anak-anak mudah terhadap masalah kesehatan sebab badan mereka yang tetap berkembang lebih mudah dengan zat kimia beracun.

“Paparan terhadap beberapa PFAS pun juga dikaitkan dengan penyakit kanker, tiroid, imunosupresi, berat tubuh lahir rendah, dan juga penurunan kesuburan,” terang Schaider seperti dikutip Indian Express.

Untuk mencapai kesimpulan itu, Schader dan juga rekan penelitinya memakai teknik baru dengan memakai spektroskopi emisi partikel yang terinduksi sinar gamma. Teknik ini di gunakan untuk menganalisa keberadaan zat fluorine pada sampel pembungkus makanan cepat saji yang di gunakan.

Hasil penelitian menunjukkan kalau setengah dari pembungkus kertas yang biasa di gunakan untuk membungkus burger dan juga pastry mempunyai kandungan florine. Di samping itu, 20 % dari pembungkus karton seperti yang di gunakan untuk kentang goreng dan juga piza pun juga di ketahui mempunyai kandungan fluorine.

Selain terdapat pada pembungkus makanan, zat kimia ini di ketahui pun juga di gunakan pada lapisan alat masak yang anti lengket ataupun anti noda. Fluorine pun juga ada dalam produk anti air, termasuk juga karpet dan pakaian di luar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*