Jangan Memberikan Es Batu Pada Luka Bakar

Ahli kesehatan mengatakan kalau salah 1 pertolongan pertama yang dapat kita lakukan pada luka bakar yaitu dengan membagikan air dingin. Sayangnya, banyak sekali orang yang menganggap kalau dengan membagikan es batu pada luka yang terbakar, maka pengobatannya pun dapat di lakukan dengan lebih baik. Padahal, dengan memakai es batu ini, kita malah akan membuat luka bakar jadi lebih parah. Bagaimana mungkin hal ini dapat terjadi?

Sebuah penelitian yang di lakukan di Hvidovre University Hospital di kota Denmark tahun 2002 lalu mengatakan kalau ketika diberi es batu, luka bakar akan terasa lebih baik karena mengingat suhu dingin es batu ini membuat saraf disekitar kulit yang tertimpa luka bakar menjadi kebas ataupun mati rasa. Sayangnya, pemberian menggunakan es batu ini malah akan membuat luka bakar jadi semakin lama untuk di sembuhkan. Ahli kesehatan dari penelitian ini mengatakan bahwa mereka yang mengkompres luka bakar menggunakan es batu sebenarnya tak akan menurunkan rasa nyeri serta pun juga inflamasi dengan signifikan.

Penelitian lain yang hasilnya di release dalam jurnal berjudul Burn tahun 1997 lalu mengatakan kalau kebiasaan membagikan es batu pada luka bakar dapat memicu kerusakan yang jauh lebih parah mengingat efek dari pendinginan yang di lakukan malah terlalu berlebihan. Dalam penelitian ini di ketahui bahwa penurunan suhu yang cukup drastis dapat membuat air pada sel-sel kulit malah berubah menjadi kristal yang tajam serta dapat merusak struktur di area sekitarnya. Selain itu juga, suhu dingin ini membuat pembuluh darah jadi menyusut hingga aliran darah pun akan makin menurun. Padahal, lancarnya aliran darah dapat ikut menolong pengobatan luka bakar.

Ahli kesehatan sendiri menyebut bahwa kerusakan pada kulit yang dikarenakan oleh penggunaan es batu menjadi frostbite. Ketika kandungan air pada sel ini sudah mengkristal, di khawatirkan pembuluh darah, saraf, sampai otot-otot dapat pecah ataupun mengalami kerusakan yang lain yang dapat berimbas pada kematian jaringan.

Dengan adanya fakta ini, lebih baiknya kita memang tak memakai es batu ketika mengalami luka bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*